oleh

Ternyata Cairan Semen Dapat Melepuhkan Kulit 

-NASIONAL-4.400 views

Garuda-News.ID Babel – Banyak yang tidak mengetahui bahwa akibat seringnya kulit terpapar bahan kimia dari semen, dapat mengakibatkan luka iritasi serius pada kulit.

Namun pembaca, lazimnya kehidupan pekerja atau buruh yang harus berinteraksi dengan bahan kimia dari semen tadi, maka option yang ada tidaklah banyak.

Menurut keterangan sumber kami yang mewanti-wanti agar namanya dirahasiakan, dirinya tidak mengetahui sama sekali perihal bahaya-nya kandungan dalam cairan semen yang memang setiap hari digelutinya. “Awalnya terasa gatal dan panas, lalu sesampai dirumah kulit mulai memerah dan mengelupas untuk kemudian akhirnya menimbulkan luka sobek yang harus ditutupi oleh perban,” ungkap sumber, Jumat siang 15/06.

Ia menambahkan, bahwa hanya semen merk tertentu saja yang dapat menimbulkan luka cukup serius tadi, mengingat untuk katagori merk memang sudah ditentukan oleh kantor tempatnya bekerja.”Cuma merk.. (Ia menyebutkan salah satu merk) saja yang menimbulkan luka iritasi serius, selebihnya cuma menimbulkan gatal-gatal di kulit,” pungkasnya.

Sementara itu, sebagai bekal informasi, bahan dasar penyusun semen disebutkan terdiri dari bahan-bahan yang terutama mengandung kapur, silika dan oksida besi, maka bahan-bahan itu menjadi unsur-unsur pokok semen.

Komposisi kimia semen portland pada umumnya terdiri dari CaO, SiO2, Al2O3 dan Fe2O3, yang merupakan oksida dominan. Sedangkan oksida lain yang jumlahnya hanya beberapa persen dari berat semen adalah MgO, SO3, Na2O dan K2O.

Keempat oksida utama tersebut diatas di dalam semen berupa senyawa C3S, C2S, C3A dan C4AF, dengan mempunyai perbandingan tertentu pada setiap produk semen, tergantung pada komposisi bahan bakunya.(*)

 

hyk/lh

photo ilustrasi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed