oleh

POLSEK JEBUS TANGGAP KEJADIAN KEBANJIRAN DI KECAMATAN PARIT TIGA DAN KECAMATAN JEBUS

-DAERAH, NASIONAL-88 views

BANGKA BELITUNG,GARUDA-NEWS.ID

Parit Tiga Jebus, Hujan deras telah mengguyur secara deras di seluruh provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Begitupula di Kecamatan Parit Tiga dan Kecamatan Jebus.

Derasnya curah hujan yang menguyur, Kamis (19/1/2023) telah menjadi Banjir luapan sungai di kecamatan Jebus antara lain di Desa Sinar Manik, Desa Limbung, Desa Tumbak Petar. luapan Sungai juga terjadi di kecamatan Parit Tiga yaitu di Desa Puput, Desa Sekar Biru dan Desa Air Gantang.

Melihat kondisi tersebut Kapolsek Jebus tanggap dan langsung memonitor di seluruh wilayahnya melalui seluruh personel Polsek Jebus khususnya Babinkamtibmas di gerakkan untuk memonitor luapan sungai yang ada di wilayahnya. Menurut orang nomor satu di Polsek Jebus ini Adapun data sementara kejadian banjir luapan yang terjadi di Kab. Bangka Barat terdapat di 6 Desa di Kecamatan Jebus dan Kecamatan Parittiga.

Di Desa Limbung dan Desa Tumbak Petar Kec. Jebus Terjadi banjir luapan anak sungai antan yang mengakibatkan genangan di Jembatan jalan raya Ds. Tumbak petar – Ds. Limbung sepanjang sekitar 100 Meter, dengan kedalaman sekira 40 Cm yang mengakibatkan kendaraan tidak dapat melintas dan mengganggu akses warga.

Di Desa Sinar Manik Kec. Jebus Terjadi banjir dari luapan anak sungai jerangkat yang mengakibatkan genangan di sepanjang jalan raya sepanjang sekira 100 Meter, kedalaman sekira 50 cm yang mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas dan 15 (lima belas) rumah warga serta 8 (Delapan) Toko terendam air dengan kedalaman 10 CM.

Di Desa Puput Kec. Parittiga di Jalan Kantor Pos Terjadi banjir dari luapan yang mengakibatkan genangan di sepanjang jalan raya sepanjang sekira 40 Meter, kedalaman sekira 20 cm yang mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas.

Di Terminal Parittiga Terjadi banjir dari yang mengakibatkan genangan dengan kedalaman sekira 30 cm yang mengakibatkan 15 (Lima belas) petak toko tergenang.

Di Jalan Air Kuang Desa Puput Terjadi banjir dari luapan yang mengakibatkan genangan di sepanjang jalan raya sepanjang sekira 50 Meter, kedalaman sekira 20 cm yang mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas.

Di Jalan Raya Puput Atas Terjadi banjir dari luapan yang mengakibatkan genangan di sepanjang jalan raya sepanjang sekira 200 Meter, kedalaman sekira 30 cm yang mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas.

Di Desa Sekar Biru Kec. Parittiga terdapat genangan air di Jalan Garasi Dsn. Gudang Papan sehingga Terjadi banjir dari luapan yang mengakibatkan genangan di sepanjang jalan raya sepanjang sekira 50 Meter, kedalaman sekira 20 cm yang mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas.

Di Sungai Tanggok Terjadi banjir dari luapan yang mengakibatkan genangan di sepanjang jalan raya sepanjang sekira 100 Meter, kedalaman sekira 25 cm yang mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas.

Kemudian Desa Air Gantang Kec. Parittiga tepatnya di Dusun Suntai Terjadi banjir dari luapan anak sungai bukit gantang yang mengakibatkan genangan di sepanjang jalan raya dengan kedalaman sekira 30 cm dan 7 (Tujuh) rumah warga tergenang air dengan kedalaman 20 CM.

Di Desa Air Gantang Terjadi banjir dari luapan anak sungai bukit gantang yang mengakibatkan 5 (Lima) rumah warga tergenang air dengan kedalaman 10 CM.

Dari pantauan Personel Polsek Jebus Saat ini banjir luapan tersebut sudah berangsur surut bersamaan dengan hujan yang sudah mulai mereda dan air laut yang sudah mulai surut kembali, sampai dengan saat ini belum ada laporan warga yang mengalami kerugian material maupun korban jiwa akibat banjir tersebut.

Dalam hal ini juga Polsek Jebus telah melakukan Upaya yang telah dilakukan terkait adanya bencana banjir tersebut diantaranya :

1. Personel Polsek Jebus telah melakukan upaya pengaturan lalu – lintas di lokasi Banjir dan monitoring di lokasi Banjir serta mendata kerugian yang ditimbulkan dari bencana Banjir tersebut.

2. Pihak BPBD Kab. Bangka Barat telah melakukan peninjauan ke lokasi Banjir dan melakukan upaya penanganan pertama terkait bencana Banjir yang terjadi.

Tidak munutup kemungkinan apabila curah hujan masih tetap tinggi higga tanggal 22 dan 23 Januari 2023 akan kembali terjadi banjir dikarenakan dari tabel pasang surut air laut pada tanggal 22 dan 23 Januari 2023 pasang air laut berada di angka 40 dan 41 sedangkan pada saat kejadian banjir saat ini tinggi pasang surut air laut berada di angka 33.

Bhabinkamtibmas Wilayah Hukum Polsek Jebus juga diperintahkan untuk mewaspadai terjadinya banjir didaerahnya mengingat saat ini sedang musim penghujan dengan menggerakan Rt untuk memberikan himbauan kepada warganya agar senantiasa waspada terhadap bencana alam yang dimungkinkan terjadi diwilayah nya sebagai dampak dari cuaca ekstrem saat ini.

Bg p3n

News Feed