oleh

Jakarta Diguncang Gempa M 6,6, Gempa Tidak Berpotensi Tsunami

-NASIONAL-185 views

Jakarta , Garuda-news.id | Gempa besar terjadi di Jakarta. Guncangannya terasa kencang di gedung-gedung tinggi. Data InaTEWSBMKG menyebut ada gempa terjadi dengan kekuatan M 6,6 (sudah direvisi oleh BMKG menjadi M 6,7, kemudian diperbarui lagi menjadi M 6,6). Pusat Gempa Banten yang Terasa di Jakarta. Jum’at (14/01/2022).

Berdasarkan informasi dari BMKG setelahnya, pusat gempa adalah di Sumur, Banten. Gempa Banten berkekuatan M 6,6. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Gempa terjadi pada pukul 16.05 WIB. Lokasi gempa berada di koordinat 7,01 Lintang Selatan dan 105,26 Bujur Timur. Pusat gempa berada di laut pada kedalaman 40 km (sebelumnya dinyatakan BMKG di kedalaman 10 km).

Di kawasan Tendean, para karyawan kantor berlarian keluar menyelamatkan diri ketika gempa M 6,6 ini mengguncang Jakarta. Karyawan lari dari lantai atas gedung dengan menuruni tangga darurat.

Analisis Sementara Gempa Banten yang Terasa Hingga Jakarta berikut informasi lanjutan dari BMKG tentang Gempa Banten yang diperbarui menjadi berkekuatan M 6,6:

Magnitudo: M 6,6 . Pusat: koordinat 7,21° LS ; 105,05° BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 km arah Barat Daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jenis: gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Cikeusik dan Panimbang, VI MMI Getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar Labuan dan Sumur, IV MMI Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Tangerang Selatan, Lembang, Kota bogor, Pelabuhan Ratu, Kalianda, bandar Lampung, III – IV MMI Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah .Anyer III MMI Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Terasa getaran seakan akan truk berlalu , Jakarta, Kota Tangerang, Ciracas, Bekasi, Kota Bandung, Kabupaten Bogor, Kotabumi, II – III MMI Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu . Hingga saat ini sudah ada laporan dampak kerusakan di Kecamatan Munjul dan Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,**

Redaksi

News Feed