Press "Enter" to skip to content

Bakamla RI Bersama Instansi Terkait Melaksanakan Penyuluhan Tentang Hukum Kelautan

BANGKA BELITUNG
GARUDA-NEWS.ID

PangkalpinangDemi membantu nelayan dalam meningkatkan kesadaran dan ketaatan hukum dalam mewujudkan keamanan dan keselamatan di laut, Bakamla RI melakukan penyuluhan kepada para nelayan.

Penyuluhan ini dilaksanakan di aula pertemuan lantai 2, gedung DKP Provinsi Bangka Belitung. Kamis (9/9/2021).

Penyuluhan ini bekerjasama dengan DKP Provinsi Bangka Belitung, Polair Polda Babel demi menjalin sinergitas dalam menjalankan tugas dan melindungi keamanan serta keselamatan di laut.

Dalam menjalankan tugas patroli keamanan dan keselamatan di laut sesuai dengan UU tahun 2014 pasal 32 tentang kelautan, Kolonel Faisol selaku Kasubdit LuhSosKum sekaligus ketua tim yang melakukan penyuluhan menjelaskan bahwa sinergitas merupakan faktor penting dalam melaksanakan patroli keamanan laut.

“Dalam melaksanakan tugas patroli keamanan dan keselamatan di laut diperlukan sinergi antar instansi terkait, yang mana termasuk masyarakat nelayan yang secara langsung berhubungan erat dengan laut sehingga penting sekali menjaga komunikasi diantara pihak-pihak terkait” ujarnya.

Kolonel Faisol berharap masyarakat bisa mengerti tentang hukum kelautan dan bagaimana melestarikan sumber daya alam kelautan agar terus terjaga kelestariannya dan bisa dinikmati anak cucu nantinya.

Sementara itu menurut Masuri selaku kepala DKP Provinsi Bangka Belitung berharap dengan adanya sinergitas antar lembaga ini mampu mengatasi beberapa masalah yang selama ini sering terjadi diperairan Bangka Belitung.

“Dengan adanya sinergitas antar instansi dalam melaksanakan patroli keamanan dan keselamatan di laut semoga dapat mengatasi adanya ilegal fishing dan juga pelanggaran wilayah penangkapan ikan oleh kapal-kapal yang memiliki kapasitas besar ke daerah pesisir pantai yang membuat warga selama ini resah” ungkap Masuri.**

Arief Effendi

Comments are closed.