Press "Enter" to skip to content

WUJUDKAN SWASEMBADA PANGAN BABINSA 431-01/JEBUS DAMPINGI PETANI MENGOLAH LAHAN SAWAH

BANGKA BELITUNG
GARUDA-NEWS.ID

WUJUDKAN SWASEMBADA PANGAN BABINSA 431-01/JEBUS DAMPINGI PETANI MENGOLAH LAHAN SAWAH

Jebus – Babinsa Koramil 431-01/Jebus Serda Romsan melaksanakan pendampingan pengolahan tanah untuk ditanami padi di Lahan Sawah milik para petani di Desa Pebuar, Kecamatan Jebus. Rabu (09/10/2019).

Persiapan lahan merupakan salah factor terpenting yang perlu dilakukan dalam memulai usaha budidaya padi. Persiapan lahan yang baik berpengaruh besar terhadap produktivitas tanaman. Banyak penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan persiapan lahan sebelum melakukan usaha budidaya bisa meningkatkan hasil panen hingga 30 persen. Selain memperbaiki tanah, pembersihan lahan juga bertujuan untuk memperlancar arus air dan menekan jumlah biji gulma yang terbawa masuk ke petak sawah. Pengolahan tanah merupakan cara untuk memperbaiki kondisi fisik, kimia, maupun biologi tanah.

Melalui peran serta Babinsa di wilayahnya dalam segala kegiatan, terutama dalam pendampingan program swasembada pangan diharapkan para petani menjadi bertambah bersemangat dalam mengolah lahan sampai menanam padi. Tujuan dari pendampingan ini adalah upaya untuk mempercepat masa tanam dan bentuk kepedulian TNI khususnya Babinsa dalam membantu Pemerintah Daerah sebagai salah satu wujud nyata dilapangan, dalam mensukseskan ketahanan pangan di wilayah binaan Koramil 431-01/Jebus khususnya wilayah Kodim 0431/Bangka Barat.

“Banyak manfaat pengolahan lahan, diantaranya memperbanyak atau memperbesar total volume rongga atau pori tanah. Dengan demikian maka aerasi tanah dan drainase lahan semakin baik sehingga pasokan oksigen untuk metabolisme akar menjadi lebih lancar.” Ujar Serda Romsan.**

APRI

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *