Press "Enter" to skip to content

Wisata Menumbing, Merekatkan Sejarah Pada Generasi Selanjutnya

Garuda-News.ID Muntok – JASMERAH, atau jangan sekali-kali melupakan sejarah merupakan ungkapan terkenal tokoh dunia, Ir. Soekarno. Yang notabene merupakan founding father’s bangsa ini.

Dan harus diakui, quote tersebut benar adanya. Tanpa sejarah, kita menjadi buta akan silsilah kejayaan negeri kita sendiri.

Bertempat di kawasan Bukit Menumbing, Muntok, Kabupaten Bangka Barat, rombongan SDN 39 Gabek Pangkalpinang menyelenggarakan acara perpisahan sekolah untuk adik-adik-adik kita yang baru saja lulus ujian nasional kemarin, Rabu, 09/05.

Selanjutnya, Wisata ke kawasan Bukit Menumbing menjadi pilihan tempat favorit bagi sebagian besar kalangan penikmat sejarah. Dengan ketinggian 355 meter diatas permukaan laut, tempat ini adalah surga bagi para selfie mania.

keindahan sunset dari atas bukit menumbing

Selain sarat dengan sejarah, perlu diketahui di tempat inilah kedua tokoh dunia tadi -Ir. Soekarno dan Drs Mohammad Hatta- pernah menghabiskan hari-harinya sebagai orang buangan, sebagai efek langsung dari aktifitas perlawanan terhadap bangsa kolonial penjajah.

Di kawasan Bukit Menumbing, juga ada bangunan wisma, yang mana Wisma ini memiliki satu bangunan utama dengan beberapa fasilitas umum lainnya.

Bangunan tersebut dibangun pada masa penjajahan Belanda, sekitar tahun 1928 -1933. Berdasarkan informasi yang tertulis pada kamar 102 di wisma Menumbing, inilah tempat Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Mr. Ag. Pringgodigdo, Komodor Surya Darma dan Mr. Assa’at diasingkan sejak tanggal 22 Desember 1948 hingga 7 Juli 1949.(*)

presenter : dby

narasi : LH

video title : Anns

wikipedia

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *