Press "Enter" to skip to content

Warga Desa Lintang Pertanyakan Program PTSL

Belitung Timur

Garuda-News.Id

Warga Desa Lintang Kecamatan Simpang Renggiang mengadu mengenai program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang belum juga sampai di desanya. Padahal desa-desa lain di Kabupaten Belitung Timur bahkan di tiga desa Kecamatan Simpang lainnya sudah merasakan program dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) tersebut.

Kekecewaan itu diungkapkan Kepala Desa Lintang, Indratno kepada Bupati Beltim, Yuslih Ihza dan Kepala Kantor BPN Beltim, Yan Septedyas saat Dialog Aundiensi antara Pemkab Beltim dengan masyarakat Kecamatan Simpang Renggiang, di Ruang Pertemuan Kantor Kecamatan, Kamis (11/10).

Dialog audiensi yang dipimpin langsung oleh Camat Simpang Renggiang, Sudarmi ini dihadiri oleh puluhan masyarakat Kecamatan Simpang. Dalam audiensi ini juga hadir Forkopimda Kabupaten Beltim serta pimpinan OPD teknis serta instansi vertikal lainnya.

“Harus ratalah pembagian pronanya jangan cuman di desa lain saja. Masak di Desa Aik Madu, Renggiang bahkan Simpang Tiga sudah keluar sertifikat, kita sendiri yang belum,” sesal Tono sapaan sehari-hari Indratno

Aik mengemukakan belum ada seorang pun warga di desanya yang menerima sertifikat, meski sebelumnya Pemerintah Desa Lintang sudah mengajukan 1.000 lapak. Adanya Kawasan Penambangan (KP) PT Timah membuat program PTSL ditunda di Desa Lintang.

“Alasannya karena ada KP Timah, padahal di Simpang Tiga ada juga KP Timah. Kecewalah aku sebagai pemimpin, malu aku sama warga yang sudah dijanjikan sama kayak Program TORA kemarin,” ungkap Tono.

Tono berharap tahun 2019 mendatang warganya akan dapat menikmati program tersebut karena dengan adanya sertifikat lahan akan membuat warga desanya dapat kepastian dalam kepemilikan lahan.

“Kalau cuman patok, dan lain sebagainya kami siap dengan syarat yang diajukan. Cuman yang jelas harus pasti jangan cuman janji-janji,” ujarnya.**

Niza karyadi

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *