Press "Enter" to skip to content

Wakili Danramil, Babinsa Pasir Sakti Hadiri Penanaman Mangrove Bersama Mahasiswa UNILA

LAMPUNG
GARUDA-NEWS.ID

Wakili Danramil, Babinsa Pasir Sakti Hadiri Penanaman Mangrove Bersama Mahasiswa UNILA

Lampung Timur – Danramil 429-15/Pasir Sakti Lettu Kav. Aprijal diwakili Babinsa Peltu Widodo, menghadiri penanaman Mangrove bersama Mahasiswa/wi UNILA, di wilayah Desa Purworejo, Kecamatan Pasir Sakti, Lampung Timur, Minggu (10/11/2019).

Hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem hutan dengan kelompok tumbuhan yang dapat hidup di daerah dengan kadar garam yang tinggi. Biasanya hutan ini didominasi dengan tumbuhan berkayu dan tumbuh di sepanjang garis pantai dan subtropis, mangrove yang tumbuh berjajar menjadi benteng pencegah abrasi atau pengikisan pantai oleh gelombang air laut.

Pada kesempatan tersebut Babinsa Pasir Sakti mengatakan, “penanaman Ribuan batang mangrove yang akan kita laksanakan hari ini memiliki banyak sekali manfaat, yaitu, sebagai penyerap polutan, pencegah intrusi air laut, penelitian dan pendidikan, penyimpan karbon, wisata alam, tempat pemijahan aneka biota laut”.

Masih menurut Babinsa,”Selain tersbut diatas juga sebagai pencegah Abrasi yang merupakan momok cukup menakutkan bagi sebagian warga pesisir, Namun, fungsi hutan mangrove sesungguhnya tak hanya sekedar menjadi penjaga batas pantai dari abrasi air laut, Banyaknya fungsi hutan mangrove kemudian tiap tahunnya di tanggal 26 Juli diperingati sebagai Hari Mangrove Se-dunia (World Mangrove Day)”.

“Hutan mangrove juga mempunyai beberapa keterkaitan dan kontribusi dalam pemenuhan kebutuhan manusia, baik fungsinya dalam penyediaan bahan pangan, papan, kesehatan, dan untuk lingkungan”, Pungkas Peltu Widodo.

Selain Peltu widodo dan Serda Ruli, turut hadir Ketua kelompok tani mangrove Samsudin dan Mahasiswa/wi UNILA sebanyak 300 Orang, kegiatan yang selesai pada Pukul 12:30 WIB berlangsung dengan tertib dan aman. **

Tarmuji

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *