Press "Enter" to skip to content

SMK KAL-1 Keluarkan Jurus Pamungkas Menghadapi UNBK

JAWA TIMUR
GARUDA-NEWS.ID

Surabaya | Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK ) bagi sekolah tingkat SMK sebentar lagi akan berlangsung, berbagai cara di tempuh untuk menggapai nilai UNBK yang maksimal, SMK KAL-1 Surabaya tidak lepas dari itu, sekolah di bawah Yayasan hang Tuah Cabang Surabaya ini melaksanakan kegiatan keagamaan Istighotsah dan Do’a bersama khusus bagi 224 siswa kelas XII semua jurusan yang berlangsung di Masjid Baitul ‘Ilmi SMK KAL-1 ,(22/3) di pimpin langsung oleh Ustadz Drs. Choirur Rozi yang kesehariannya sebagai Agama Islam. Sedangkan yang beragama Non Muslim ( Kristen/ Protestan ) 11 siswa melaksanakan Do’a Bersama di dalam kelas yang sudah di tentukan di pimpin langsung oleh Pastor Agustinus Hary M.SE., M.Th yang juga sebagai guru agama ( Kristen/ Protestan ) di kelas X,XI dan XII.

Kegiatan keagamaan merupakan jurus pamungkas setelah selama tiga tahun mereka mendapat berbagai ilmu pengetahuan , istighotsah dan do’a bersama merupakan program tahunan yang selalu di laksanakan oleh sekolah tersebut dengan harapan akan semakin membuka lebar-lebar jalan kesuksesan program sekolah, khususnya dalam pelaksanaan UNBK. Dengan kata lain harapan dari seluruh managemen sekolah hasil UNBK yang akan dilaksanakan mulai hari Senin,(25-28) Maret dapat berjalan lancar dan hasil yang maksimal.

Sebelum istighotsah , Khoirur Rozi menjelaskan makna Istighosah yang akan mereka lakukan. Istighotsah sebenamya sama dengan berdoa akan tetapi bila disebutkan kata istighotsah konotasinya lebih dari sekedar berdoa, karena yang dimohon dalam istighotsah adalah bukan hal yang biasa biasa saja. Oleh karena itu, istighotsah sering dilakukan secara kolektif dan biasanya dimulai dengan wirid-wirid tertentu, terutama istighfar, sehingga Allah SWT berkenan mengabulkan permohonan itu. Kemudian baru dilaksanakan sholat Dhuha berjama’ah 2 rokaat diteruskan dengan sholat hajat 2 rokaat

Hadir ditengah-tengah siswa Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs Burhan, Mpd serta sejumlah wakil kepala sekolah dan sejumlah guru wali kelas semua jurusan yang ada di SMK KAL-1 yang terdiri dari jurusan Teknik Pemesinan (TPM), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) dan Teknik Video Audio ( TAV), Kepala Sekolah menyempatkan diri memberi pengarahan kepada siswanya, harapannya seluruh siswa kelas XII, setelah menuntut ilmu hampir tiga tahun di bangku SMK KAL-1, mereka dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi , baik yang akan melanjutkan kuliah atau mencari lapangan kerja. ”Kami juga berharap mereka bisa memberikan kebanggaan kepada sekolah dan kedua orang tua, juga dengan diadakan do’a bersama dalam istighotsah ini di harapkan siswa-siswi tidak hanya siap menghadapi materi/ soal USBN saja saat berlangsungnya ujian, akan tetapi juga siap secara mental”, ujarnya.

Mayoritas peserta dalam kegiatan itu mendengarkan dengan pernuh semangat. Suasana yang mengharukan terlihat saat sejumlah pelajar yang duduk bersila terharu dengan kepiawian ustadz , ada yang malu-malu mengusap air mata yang menetes tidak terasa. Mereka merasa sadar bahwa selama ini belum dapat memenuhi kewajibannya secara optimal. Baik kepada orang tua dan terhadap sekolahnya. Dengan sisa waktu yang singkat menjelang pelaksanaan UNBK yang akan di mulai Senin (25/3), diharapkan momen relatif singkat tersebut dapat melipat gandakan spirit belajar peserta didik.**

(YHT/dar).

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *