Press "Enter" to skip to content

Sejumlah 8 Pimpinan OPD Pemkab Beltim Ikuti Job Fit

Belitung Timur

Garuda-News.Id

Sejumlah 8 Pimoinan OPD Pemkab Beltim Ikuti Job Fit atau Uji Kesesuaian, Sebelum pelaksanaan mutasi akhir tahun mendatang, 8 orang jabatan pimpinan tinggi atau esselon II di lingkungan Pemkab Belitung Timur,Ke delapan pimpinan OPD tersebut dievaluasi kinerja, pemetaan kompetensi, dan kesesuaian kualifikasi jabatannya.

Jika dianggap masih layak dan sesuai, yang bersangkutan akan tetap dipertahankan atau menduduki jabatan lama. Jika tidak, akan dimutasi ke jabatan lain yang lebih tepat atau bahkan tidak diberikan jabatan.

Sekretaris Panitia Seleksi Job Fit, Tri Rahardianto mengemukakan pelaksanaan job fit akan dilakukan selama dua hari, dari Rabu (5/12) hingga Kamis (6/12). Peserta diminta untuk mengerjakan soal-soal simulasi yang diberikan, namun hasil akhirnya bukan merupakan angka, artinya tidak yang lulus atau tidak lulus.

“Ini lebih ke simulasi atau penelusuran. Tidak perlu belajar mengikuti job fit, yang penting harus konsentrasi saja,” jelas Tri.

Tri menambahkan ada empat indikator penulusuran yang dilakukan. Penulusuran tersebut terdiri dari 23 dimensi, namun hanya 13 yang dibutuhkan di Kabupaten Beltim.

“Sesuai dengan PP Nomor 46 Tahun 2011 dan PermenPAN-RB Nomor 38 athun 2017, setidaknya ada 5 dimensi kompetensi yang wajib, seperti kepemimpinan, manajerial, pengorganisasian, perencanaan dan evaluasi. Kalau ada yang lemah di situ maka kita minta ada peningkatan yang bersangkutan harus didiklatkan dan lain-lain,” terang Tri.

Dosen Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) itu menyatakan ada tiga rekomendasi yang akan dihasilkan dari tes tersebut. Rekomendasi itu nantinya akan diberikan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) atau Bupati.

“Nah dari hasil rekomendasi itu PPK bisa mengambil keputusan, apa yang akan dilakukan. Pertama, yang bersangkutan layak dan sesuai pada jabatan sekarang. Kedua, yang bersangkutan harus dirotasi ke JPT lainnya, dan yang terakhir, tidak diberikan jabatan dan harus ikut,” kata Tri.**

Niza Karyadi

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *