Press "Enter" to skip to content

Bupati Beltim Hadiri Rakor Gubernur, Bupati /Walikota Se BaBel

BELITUNG TIMUR, Garuda-News.ID- Percepatannya dengan berbagai pola pembiayaan termasuk dengan pola pembiayaan KPBU dan PT SMI, disesuaikan dengan status jalan provinsi dan jalan kabupaten/kota dengan prioritas dibangun di daerah destinasi wisata, kemudian akan dilakukan peninjauan tarif yang masih tinggi dengan perbandingan agar beban masyarakat tidak terlalu tinggi;

13. Perwujudan pengembangan pelabuhan pangkalbalam ke arah muara sungai baturusa yang sudah mendapat persetujuan Menteri Perhubungan;

14. Intervensi program pengendalian banjir:

a. Penyiapan lahan untuk normalisasi saluran;

b. Penyiapan lahan untuk pembangunan waduk;

c. Relokasi pemukiman yang terkena rencana pembangunan waduk.

15. Pembangunan secara bersama jaringan IT;

16. Pemerintah Provinsi bersama Pemerintah Kabupaten/Kota mendukung peningkatan produksi lada melalui intervensi kegiatan dan dukungan sosialisasi, pengadaan bibit gratis, peningkatan teknologi budidaya dan sistem resi gudang;

Dalam kesempatan itu, Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman mengatakan rapat koordinasi gubernur bupati/walikota dilakukan untuk menyatukan persepsi, sinkronisasi dan sinergi program pembangunan daerah agar program yang dijalankan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota saling mendukung demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Erzaldi menegaskan bahwa kesepakatan menjadi acuan untuk melaksanakan pembangunan daerah.

“Kesepakatan ini harus betul-betul dilaksanakan maka saya buat kesepakatan dan harus menjadi acuan dari berbagai kegiatan kita ke depan yang sifatnya koordinatif dan kontinue. Semua harus bermanfaat bagi masyarakat,” tegas Erzaldi.

Erzaldi memberi apresiasi kepada para bupati yang hadir dalam rapat koordinasi untuk mendukung percepatan pembangunan di daerah.

“Inilah gunanya para bupati datang, semuanya cepat dan langsung kita putuskan untuk melakukan percepatan pembangunan di Babel,” ungkap Erzaldi

Terkait penanganan sampah, Gubernur Babel mengingatkan agar setiap kepala daerah dapat menindaklanjuti dengan komitmen dan melakukan sinergi dengan berbagai pihak terkait pengelolaan sampah yang baik.

“Dalam penanganan sampah menjadi perhatian kita semua terutama di kawasan wisata. Pemerintah daerah dapat bersinergi dengan berbagai elemen dan perlu melibatkan organisasi kemasyarakatan dan pihak terkait untuk penanganannya,” kata Erzaldi.

Bupati Beltim Yuslih Ihza mengatakan dalam rakor tersebut beberapa hal rumusan kebijakan dan solusi permasalahan yang dibahas dan disepakati merupakan upaya untuk percepatan pembangunan di Provinsi Babel.

Terkait penanganan sampah, Pemkab Beltim sudah melakukan berbagai upaya pengelolaan sampah daerah.

“Kita sudah melakukan berbagai upaya. TPA ada di Simpang Renggiang berbatasan dengan Kabupaten Belitung,” kata Yuslih.

Sedangkan penanganan sampah di Kabupaten Belitung, Asisten bidang pemerintahan Kabupaten Belitung Mirang Uganda mengatakan ada beberapa hambatan yakni status lahan.

“Kita sudah lakukan rencana aksi penanganan sampah. Sudah ditetapkan titiknya, hanya hambatannya berada di kawasan hutan produksi seluas 20 hektar. Karena untuk penanganan sampah di situ ke TPA yang ada di Tanjungpandan banyak melewati perkampungan warga,” kata Mirang Uganda.

Begitu juga terkait pokok bahasan mengenai raperda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K), Bupati Yuslih mengatakan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota menyepakati percepatan penyampaian Raperda ke DPRD

“Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota sudah menyepakati percepatan penyampaian Raperda ke DPRD. Gubernur sudah menyebut keputusan itu dan diserahkan ke DPRD karena mereka yang membahas, mengkaji, dan mendiskusikannya. Moga-moga jadi perda yang bisa menampung aspirasi masyarakat,”ungkap Yuslih.(**)

Nizakaryadi

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *