Press "Enter" to skip to content

Ratusan Hektar Sawah Tadah Hujan di Cot Girek Di Landa Kemarau

ACEH UTARA
GARUDA-NEWS. ID

Aceh Utara – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 21/Cot Girek Kodim 0103/Aut Kopda Rony wijaya melaksanakan pendampingan terhadap petani dengan memantau perkembangan tanaman padi yang dilanda kemarau panjang dan yang terkena serangan hama wereng dan tikus yang berada di Desa Ceumpedak Kec Cotgirek dengan luas lahan -+ 150 hektare dengan tanaman padi yang ditanam lebih dari 100 hektare rusak gagal panen, Jumat (15/03/2019).

Kopda Rony mengungkapkan lahan sawah di Desa Ceumpedak  merupakan sawah tadah hujan sehingga mengandalkan hujan. Saat ini sawah tersebut sudah mulai mengering akibat tidak turunnya hujan dan kemarau yang panjang, para petani secara swadaya harus mencari solusi guna mengatasi kekeringan dengan cara memompa air dari sumur yang sengaja dibuat di pinggir sawah karena di sekitar sawah tersebut tidak ada saluran irigasi yang mewadai. Semoga dengan usaha ini para petani bisa tetap panen sehingga para petani tidak merugi dan swasembada pangan bisa terwujud.

Dalam kesempatan itu Kopda Rony berkesempatan berbincang-bincang langsung dengan Amran pemilik sawah. Menurut Amran sebagian besar sawah di Desa Ceumpedak Kec. Cotgirek yang merupakan sawah tadah hujan, kebanyakan para petani yang memiliki sawah tadah hujan membiarkan sawahnya tidak ditanami karena kesulitan air hanya beberapa sawah saja yang ditanami.**

Penulis : Syahrul

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *