Press "Enter" to skip to content

PUSAT PENGEMBANGAN SDM PERHUBUNGAN UDARA MELAKSANAKAN BIMTEK PPID DAN KEHUMASAN 

Tangerang, Garuda-News.ID – Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID) dan Kehumasan selama dua hari, 30-31 Agustus 2018 yang diikuti oleh Personil Pusbang SDM Perhubungan beserta UPT-nya yang membidangi PPID dan Kehumasan diseluruh indonesia sebanyak 30 orang sebagai peserta bimtek yang bertempat di Hotel Ara Gading Serpong, Kabupaten Tangerang.Jum’at, (31/8) 

Dalam kegiatan yang dibuka oleh Bp. Elsakri Kepala Bagian Umum Pusbang SDM Perhubunngan Udara turut mengundang Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP) Bapak Baitul Ihwan dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pada tahun 2017 Kemenhub berhasil memperoleh peringkat ke-3 pada pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik untuk Kategori Kemenhub/Lembaga oleh Komisi Informasi Pusat dan beliau mempunyai harapan pada tahun 2018 ini dapat naik peringkat.

Bukti keseriusan humas kemenhub pada PPID itu strategis dengan mengangkat Hamid Dipo ketua KIP sebagai tim khusus PPID bersama Menteri Perhubungan. Beliau mengharapkan dari lapisan atas ke bawah dapat mengimplementasikan  Permenhub No. 46 tahun 2018 dengan pengolahan informasi secara baik dan benar.

Bimtek ini bertujuan agar terlaksananya keterbukaan informasi publik sesuai dengan Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik kepada lembaga dan publik. Penerapannya  melalui permenhub No. 46 tahun 2018 yang merupakan perubahan dari permenhub No. 72 tahun 2010. Ada tiga tugas yang harus dilaksanakan setelah mengikuti kegiatan ini, yaitu pertama, peserta bimtek dapat mengimplementasikan perubahan perbaikan susunan struktur organisasi PPID. Kedua, membuat alur mekanisme permohonan permintaan informasi yang diminta pemohon. Ketiga, mengklasifikasikan informasi menjadi empat (informasi bersifat serta merta, informasi berkala, informasi wajib tersedia setiap saat dan informasi yang dikecualikan).

Melayani pemohon informasi personil PPID dan Kehumasan Pusbang SDM Perhubungan Udara dan UPT-nya dibekali tips n trik jitu oleh Komisioner dan Tenaga Ahli Komisi Informasi Pusat (KIP) Ibu Wafa dan Ibu Tia agar pemohon informasi dapat terlayani secara baik dan sesuai dengan alur permohonan informasi publik.

Peserta bimtek juga dilatih bagaimana menyusun siaran pers dan pengelolaan media sosial sebagai narasumber pejabat Biro Komunikasi dan Informasi Publik yang membidangi siaran pers dan media sosial guna meningkatkan citra organisasi khususnya Pusbang SDM Perhubungan Udara dan UPT-nya.

Sebagai Pamungkas untuk melengkapi kemampuan personil PPID dan Kehumasan Pusbang SDM Pehubungan Udara dan UPT-nya,  Hendra Wibawa Redaktur Bisnis Indonesia memberikan Pelatihan Jurnalistik dengan tema “Mari Belajar Menulis Berita” bagaimana mengemas sebuah berita agar  menarik dan seksi membuat orang penasaran untuk membacanya. (RT/BS)

Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kepegawaian dan Keuangan Pusbang SDM Perhubungan Udara.

TTD

BAMBANG SETIAWAN

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *