Press "Enter" to skip to content

Puluhan Pelajar Janji Tidak Menikah Pada Usia Dini

Belitung Timur

Garuda-News.Id

Sebanyak 50 orang pelajar SMK dan SMA se Kabupaten Belitung Timur mengucapkan ikrar untuk tidak melakukan pernikahan pada usia dini. Ikrar diucapkan dalam acara Program Generasi Berencana (GenRe) di Ruang Rapat Bupati Beltim, Kamis (8/11).

Ikrar yang digagas oleh Kantor Perwakilan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung itu bertujuan menekan jumlah angka pernikahan usia dini di Kabupaten Beltim.

Berdasarkan data BPS Tahun 2017, Provinsi Babel menempati peringkat ke III tertinggi se-Indonesia untuk pernikahan usia dini. Sedangkan Kabupaten Beltim, berada di posisi ke empat setelah Bangka Selatan, Bangka Barat dan Bangka Tengah untuk pernikahan usia dini se-Provinsi Babel.

“Kabupaten Beltim ini masih tinggi angka pernikahan usia dini-nya. Sekarang di posisi ke empat se-Babel,” ungkap Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga, Fajar Supriadi Santosa.

Fajar menyatakan dua penyebab utama tingginya angka pernikahan usia dini di Provinsi Babel adalah masalah sosial budaya dan tingkat pendidikan. Di beberapa daerah seperti khususnya di Pulau Bangka ada masyarakat yang memiliki budaya nikah masal.

“Budaya Kawin Masal di Bangka Selatan itu besar pengaruhanya. Terus pendidikan yang rendah, kalau remaja tidak melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi dia akan cenderung dinikahkan oleh orang tuanya,” terang Fajar.

Untuk menekan angka penikahan dini tersebut, BKKBN terus melakukan kampanye ke sekolah-sekolah yang ada di setiap Kabupaten/Kota. Selain itu juga melalui konselor BKKBN juga memberikan masukan dan gambaran kepada calon pengantin usia dini tentang kerugian menikah usia dini.

“Begitu ada remaja yang mau nikah, langsung diberikan diajak agar mengurungkan niatnya. Caranya dengan membagikan pengalaman pribadi si konselor tadi,” jelas Fajar.**

Niza karyadi

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *