Press "Enter" to skip to content

POLICY

GarudaNews.ID

Peran media massa pada hakekatnya adalah, menyampaikan informasi atau peristiwa, kemudian menghibur, mendidik, serta memberikan pengaruh kepada publik (to inform, to entertain, to educate, and to influence).

Saat menjalankan fungsinya, pers memiliki kebebasan yang dijamin UUD. Tapi pada saat yang sama, pers yang bebas juga memiliki tanggung jawab. Semua diatur dalam UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

Pers sesuai UU Pers menjalankan fungsi kontrol sosial atau meminjam kata-kata tokoh pers, PK Ojong, tugas pers bukanlah untuk menjilat penguasa, tetapi untuk mengkritik yang sedang berkuasa.

Untuk dapat menjalankan peran ini, pers dituntut harus independen, tidak menjadi alat kepentingan tertentu, tidak beropini atau memihak salah satu golongan tertentu saja. Satu-satunya kepentingan pers adalah, menyampaikan informasi sesuai fakta ke publik, terutama yang berkaitan dengan keadilan, serta menjunjung tinggi azas praduga tidak bersalah.

Yang terakhir adalah, para jurnalis yang bekerja di Garuda NewsID, harus tunduk pada hukum di Indonesia, UUD 1945, UU Pers, dan Kode Etik Pers yang diterbitkan Dewan Pers.

 

Pangkalpinang, April 2018

 

Lukman Hakim

Pemimpin Redaksi