Press "Enter" to skip to content

Pemecahan Rekor Muri Tari Gemu Famire, Tingkatkan Semangat Persatuan dan Kemanunggalan TNI-Rakyat

BANYUMAS, Garuda-News.Id – Demikian penegasan Pangdam I/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si., dalam amanat tertulisnya yang disampaikan Danrem 071/Wk Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Tr (Han) pada pemecahan Rekor Muri Tari Gemu Famire serentak dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-73, Selasa (4/9/2018) di Lapangan Upacara Makorem 071/Wk Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah.

“Maksud diselenggarakannya kegiatan ini, memiliki tujuan untuk meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan yang di ejawantahkan sebagai kemanunggalan TNI dengan rakyat, menggugah senangat perjuangan dalam mengisi pembangunan yang sekaligus untuk mengembangkan dan melestarikan kearifan budaya lokal. Karena budaya bagi suatu bangsa adalah merupakan suatu identitas, ciri khas dan simbol kebanggaan sekaligus sebagai bentuk karakter suatu bangsa”, terang Pangdam.

Dikatakan pula, peran budaya dalam membangun bangsa sangat mendasar karena menyangkut nilai-nilai dasar yang melekat dan melandasi sebuah tatanan kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

“Budaya dapat menjadi benteng sekaligus senjata untuk melawan gempuran/intervensi pengaruh budaya asing yang bertentangan dengan kearifan budaya bangsa Indonesia”, jelasnya.

“Karenanya, seni budaya lokal harus tetap kita jaga kelestariannya ditengah gencarnya upaya dari negara lain yang saat ini selalu berusaha agar budaya-budaya asli bangsa kita semakin luntur dinegerinya sendiri, namun berupaya dimasukkan menjadi budaya asli mereka”, terangnya.

Sementara itu, Danrem 071/Wk Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Tr (Han) dalam jumpa persnya menyampaikan, Gemu Famire dilaksanakan ini serentak diseluruh wilayah Indonesia yang melibatkan seluruh personel TNI AD, AL, AU dan Polri serta masyarakat yang seluruhnya 350.000 orang. “Diwilayah Korem 071/Wk dan dimasing-masing Korem dijajaran Kodam IV/Diponegoro 3500 orang yang terdiri sama komposisinya”, ujarnya.

“Kegiatan ini juga sebagai momentum HUT ke-57 Korem 071/Wijayakusuma yang jatuh pada tanggal 1 September”, ungkapnya.

“Kami selenggarakan kegiatan ini sesederhana mungkin, agar supaya anggota jajaran Korem 071/Wk mampu meningkatkan profesionalitas serta mampu berkiprah di masyarakat sekitarnya dan mampu memberikan yang terbaik serta membantu pemerintah daerah dalam melanjutkan pembangunan”, terang Danrem 071/Wk.(**)

 

Editor : Chintya

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *