Press "Enter" to skip to content

Pelatih Nasional Optimis Atlet Beltim Berjaya di Porprov V Babel

Belitung Timur, Garuda-News.ID —
Pelatih legendaris Nasional, Paulus L. Pasurey mengungkapkan banyak pelatih di Kabupaten Beltim yang masih melatih secara tradisional. Pola latihan yang diberikan kepada atlet merupakan cara lama dari pelatih sebelumnya.

Hal ini dikemukakan Paulus sesuai Acara Penutupan Pelatihan Pelatih Cabang Olahraga di lingkungan KONI Kabupaten Beltim, di Hotel Guest Manggar Jum’at (21/9). Kegiatan pelatihan ditutup oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Belitung Timur, Gustaf Pilandra.

“Apa yang mereka dapat dulu, itu yang mereka terapkan sekarang. Padahal bukan gitu lagi, gak jamannya,” kata Paulus.

Menurutnya melatih itu adalah ilmu dan seni, harus ada ilmu baru ada seni. Pelatih olahraga harus punya dasar teknis kepelatihan serta teori.

“Kan kalau kita lihat di daerah itu metode kepelatihanya, dengan latihan terus menerus. Yang Bulutangkis latihannya main Bulutangkis, yang Karate yang saban hari latihan, kan gak begitu harusnya,” ujar pria kelahiran 1941 tersebut.

Paulus menilai penerapan sport science belum terlalu dikenal luas di daerah. Ia berharap KONI Kabupaten Beltim akan menerapkan sport science untuk menunjang prestasi atlet.

“Di sini ini saya salut lihat atlet atletik, mereka latihannya 5-6 kali seminggu. Ini membuat mereka unggul karena fisiknya, meski kompetensi pelatihnya hanya 50 persen,” ungkap Paulus.

Lebih jauh, ia menyatakan atlet Kabupaten Beltim sudah cukup siap untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi Kepualuan Bangka-Belitung V di Bangka Tengah November 2018 mendatang. Bahkan mantan pelatih Taufik Hidayat ini optimis perolehan medali Kabupaten Beltim akan sama dengan perolehan 4 tahun lalu.

“Cabor unggulannya Kabupaten Beltim itu di Panjat Tebing, atletik, taekondo, pencak silat dan senam. Mudah-mudahan perolehan medalinya lebih banyak dari 4 tahun lalu,” harapnya.(**)

Niza karyadi

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *