Press "Enter" to skip to content

PASITER KODIM 0431/BANGKA BARAT HADIRI PEMBUKAAN LOMBA PANTUN BERSAHUTAN

BANGKA BELITUNG
GARUDA-NEWS.ID

Muntok – Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0431/Bangka Barat Kapten Czi Maharuddin mewakili Dandim 0431/Bangka Barat Letnan Kolonel Inf Agung Wahyu Perkasa, S.Sos. menghadiri undangan Polres Bangka Barat dalam giat Pembukaan Lomba Pantun Bersahutan Tahun 2020, yang diselenggarakan di Gedung Catur Prasetya Polres Bangka Barat. Selasa (14/01/2020).

Pantun merupakan salah satu jenis puisi lama yang sangat luas dikenal dalam bahasa-bahasa Nusantara. Pantun juga merupakan puisi melayu asli yang sudah mengakar lama di budaya masyarakat. Pantun salah satu jenis karya sastra yang lama. Keseluruhan bentuk pantun hanya berupa sampiran dan isi. Sampiran terletak pada baris pertama dan kedua dan biasanya tidak berhubungan secara langsung dengan bagian kedua. Baris ketiga dan keempat ialah bagian isi yang merupakan tujuan dari puisi tersebut.

Lomba pantun bersahutan ini di buka langsung oleh Wakapolres Bangka Barat Kompol Joko Triyono, S.I.K., M.H dalam pembukaannya beliau mengatakan bahwa kegiatan Lomba Pantun Bersahutan ini, merupakan kegiatan untuk menumbuhkembangkan budaya khas melayu (Pantun), agar tidak dilupakan oleh masyarakat khususnya Kabupaten Bangka Barat. Kategori peserta lomba pantun bersahutan ini kami buka untuk masyarakat umum, pelajar SMA sederajat, TNI, Polri dan instansi termasuk perorangan, beregu terdiri dari tiga orang dengan pantun bersahut durasi tiga bait.

“Lomba pantun bersahutan merupakan salah satu wujud nyata untuk menumbuhkembangkan, sekaligus melestarikan ke khasan seni dan budaya tradisi daerah, walaupun hidup di era globalisasi, kita harus tetap punya akar budaya dan memiliki kearifan lokal yang bisa menjadi ikon daerah kita,”ujar Pasiter Kodim 0431/Bangka Barat Kapten Czi Maharuddin.

Pembukaan lomba Pantun Bersahutan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Perwakilan Kejari, Pasiter Kodim 0431/Bangka Barat, Kepala Cabdin Wilayah 3 Bangka Barat, Siswa/i SMA/SMK/MA, Instansi Pemerintahan dan Tamu undangan lainnya.*”

GS

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *