Press "Enter" to skip to content

Pangdivif 2 Kostrad Menghadiri Upacara Pembukaan Gelar Ops Gaktib dan Yustisi

JAWA TIMUR
GARUDA-NEWS.ID

Surabaya – Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P, M.Si, M.Tr (Han), menghadiri Upacara Pembukaan Gelar Ops Gaktib dan Yustisi TA. 2020, bertempat di Dermaga Madura Ujung Koarmada II Surabaya, Jumat, 14 Februari 2020.

Bertindak selaku inspektur upacara pada kegiatan tersebut adalah Pangkoarmada II, Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto.

Perlu diketahui, bahwa TNI dituntut untuk terus meningkatkan profesionalitasnya. Salah satu ciri dari profesionalitas adalah disiplin yang tinggi, serta upaya TNI dalam memelihara kedisiplinan yang tinggi tersebut adalah melalui gelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Operasi Yustisi.

Pangkoarmada II dalam membacakan amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan, sebelum menegakkan disiplin, maka seluruh personel POM TNI harus terlebih dahulu menguasai tugas dan tanggung jawabnya serta disiplin tinggi. Petugas tidak bersifat arogan di lapangan, namun harus tegas dan tidak ragu-ragu serta mengedepankan profesionalitas. Terapkan inovasi-inovasi baru penegakan hukum yang dapat meningkatkan efektivitas dan optimalisasi pencapaian tugas pokok.

“Personel POM TNI harus memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas serta terlatih, terus menerus berkoordinasi dengan instansi penegak hukum lainnya terkait setiap perkembangan yang ada agar dapat mencegah terjadinya pelanggaran, mendeteksi secara cepat, dan menegakkan hukum sesuai perundang-undangan yang berlaku,”

“Pelaksanaan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi harus dikembangkan kearah peningkatan profesionalitas petugas dan subjek hukum melalui upaya edukasi. Hal ini karena esensi operasi adalah proses lanjutan dari upaya pencegahan dan penyelesaian pelanggaran hukum bagi prajurit dan PNS TNI. Dengan demikian kepatuhan terhadap norma peraturan dan hukum dapat ditegakkan, baik atas kesadaran individu maupun secara struktural formal,” katanya.

Hal ini sesuai dengan tema yang ditetapkan yaitu, “Dengan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi, TA 2020, Polisi Militer Siap Meningkatkan Ketaatan Hukum, Disiplin dan Tata Tertib Prajurit, Guna Membangun TNI yang Profesional dan Menjadi Kebanggaan Rakyat Menuju Indonesia Maju,” tandas Heru Kusmanto saat membacakan amanat Panglima TNI.

Pada kesempatan ini, Pangdivif 2 Kostrad menyatakan siap mendukung pelaksanaan tugas POM TNI dalam Ops Gaktib dan Yustisi Tahun ini, “Saya akan menekankan kembali kepada seluruh prajurit Satuan Jajaran Divif 2 Kostrad untuk senantiasa mematuhi peraturan yang berlaku, menegakkan disiplin serta tata tertib dan menghindari perbuatan-perbuatan melanggar hukum yang dapat merugikan diri sendiri maupun satuan,” pungkasnya.**

Ana

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mission News Theme by Compete Themes.