Press "Enter" to skip to content

Nardi Pratomo : Memperoleh Sertifikat Halal Tidak Sulit

Belitung Timur

Garuda-News.ID

Direktur LPPOM MUI Kepulauan Bangka Belitung, Nardi Pratomo menekankan jika syarat untuk memperoleh sertifikat halal tidak terlalu sulit. Bahkan jika suatu UMKM sudah pernah diberikan audit memo atau mendapatkan temuan sepanjang UMKM tersebut mau memperbaiki maka prosesnya tidak akan memakan waktu lama.

Nardi menjelaskan sebelum turun ke lapangan UMKM harus mengikuti pelatihan Sistem Jaminan Halal (SJH) serta melengkapi berbagai persyaratan administrasi. Setelah itu auditor dari LPPOM MUI akan turun untuk melihat kondisi di lapangan,” ujar Nardi

“Kalau saat audit di lapangan kita temukan bahan-bahan atau perlengkapan yang tidak halal maka akan kita berikan Audit Memo. Kalau temuan tadi sudah diperbaiki maka akan kita naikkan ke sidang komisi fatwa. Di sinilah akan diputuskan halal atau belumnya suatu produk,” jelas Nardi.

Audit Memo atau temuan yang didapati akan berbeda dari satu UMKM ke UMKM lain. Biasanya temuan yang sering didapati terkait masalah fasilitas, bahan baku, kebijakan halal dan lain sebagainya.

“Kalau yang tertunda biasanya karena hasil Audit Memo-nya banyak yang tidak dikerjakan. Saran perbaikan tidak diindahkan, itu yang membuat lama. Makanya kita menghimbau agar UMKM proaktif baik dengan dinas terkait atau LPPOM MUI,” terang Nardi.

Namun ditekankannya sepanjang pemilik usaha mau beritikad baik dan mau memperbaiki temuan Audit Memo maka sertifikat halal dapat dengan mudah diperoleh. Hal ini sesuai dengan aturan dan SOP dari LPPOM MUI.

“Walaupun di UMKM kita temukan bahan UMKM non-halal itu tidak apa-apa. Misalnya saat audit kita temukan arak, kami suruh tiadakan kemudian diganti dengan bahan yang halal, itu dapat diluluskan. Kayak kasus di Tanjungpandan kemarin, sepanjang mereka mau berubah untuk halal maka akan kita luluskan,” tukas nardi.(**)

Niza karyadi

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *