Press "Enter" to skip to content

LPPOM-MUI Babel, Serahkan 24 Sertifikat Halal Kepada UKM Beltim

Belitung Timur, 

Garuda-News. Id –

Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kepulauan Bangka Belitung menyerahkan 24 buah sertifikat halal kepada Usaha Kecil Menengah (UKM ), bagi restoran, rumah makan, produk makanan olahan, dan rumah potong unggas di Kabupaten Belitung Timur.

Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada 4 perwakilan UKM di Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan Usaha Kecil Mikro (UKM) Kabupaten Beltim, Kamis, (13/9).

Kegiatan sertifikasi halal yang difasilitasi oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung ini rencananya akan memberikan sertifikat bagi 43 UKM di Kabupaten Beltim. Namun sisanya, yakni 19 UKM masih akan menunggu pemenuhan syarat dan audit memo dari LPPOM MUI Babel.

“Kendalanya di audit memo, terus juga beberapa UKM ada yang belum mengajukan persyaratannya. Kan sebelum dapat sertifikat seluruh syarat itu harus dipenuhi, terus dari LPPOM baru turun ke lapangan,” jelas Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kepulauan Babel, Hastuti.

Diungkapkannya meski seluruh biaya proses sertifikasi ditanggung oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi namun tidak sedikit UKM yang enggan untuk mengurus untuk memperoleh sertifikasi halal. Padahal Oktober 2018 ini, seluruh produk yang beredar dan dikonsumsi wajib memiliki label halal dari MUI. Jika tidak, maka sangsi berupa denda dan hukuman pidana akan menanti.

“Amanat Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Wajib sertifikasi halal mulai Oktober 2018 ini dilakukan kepada seluruh pelaku usaha tidak terkecuali UMKM,” ungkap Hastuti.

Hastuti menambahkan program bantuan untuk sertifikasi halal bagi UMKM dari Pemprov Babel sudah berjalan sejak tahun 2015 lalu. Tahun 2018 ini Dinas Koperasi dan UMKM menargetkan 400 UKM se Provinsi Babel akan dapat memperoleh sertifikasi halal.

“Insyallah tahun depan program kita masih ada program ini. Pak Gubernur ingin agar seluruh UMKM di Provinsi ini mempunyai sertifikat halal. Oleh sebab itu kita mohon dukungan dari UMKM agar hal itu dapat terwujud,” ujarnya.(**)

Niza karyadi

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *