Press "Enter" to skip to content

Kunker Menko Polhukam Ke Morotai, 4 Koperasi Nelayan Dapat Penghargaan

MOROTAI
GARUDA-NEWS.ID

Morotai – Kunjungan kerja Menko Polhukam, Jendral (pur) Dr. Wiranto di hari ke-2 di kabupaten pulau Morotai, Selasa 19/3/2019 diantaranya mengunjungi SPKT Morotai, sesuai dengan nawacita ke-3 Presiden RI.

Menko Polhukam mengatakan, “Laut adalah masa depan bangsa dan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan,” ujar Wiranto

Dalam kunker tersebut, Menko Polhukam juga menyerahkan piagam penghargaan kepada 4 koperasi, diantaranya Koperasi Nelayan Porimoi, Daloha Bangkit, Koperasi Nelayan Tuna Pasifik dan Koperasi Nelayan Wayabula.

Kepada nelayan, Wiranto mengatakan, “kalau nelayan punya harapan pasti punya jalan dan kekayaan alam kita masih banyak bagaimana kita mengelola dengan baik, dan juga ada 23 sentra-sentra yang baru untuk menunjang skpt yang di bangun oleh kementerian kelautan dan perikanan, “ujar Menko Polhukam saat berdiskusi dengan para nelayan yang ada di desa Daeo kecamatan Morotai selatan.

Sementara itu, Dir Pendayagunaan pesisir dan pulau-pulau kecil M. Aduh mengatakan, “Ada 13 skpt yang di bangun oleh DKPP salah satunya adalah skpt Morotai ini, dengan lahan 6 hektar. Tahap pertama kami sudah membangun hulu hilirnya dengan dermaga dan coolstoresnya skpt sebagai Sentral tangkap yang ada di Morotai. Khusus tuna, sehari bisa nelayan bawah pulang uang 1 juta dan kami akan menambah fasilitas lagi.

Harapan dari ibu menteri dengan adanya skpt di sini bisa langsung export dan sekarang sudah di export ke Vietnam 15 kontainer dengan beroperasi 4 koperasi yang bekerja sama dengan skpt tetapi bupati Morotai sudah membuka 87 koperasi dengan target dari bupati 2000 ton per hari tetapi butuh waktu dan sekarang baru 20 persen dari target tersebut, di harapkan, nelayan bisa lebih giat lagi, ” pungkas.(oje)

Editor : Alif F

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *