Press "Enter" to skip to content

Ini Yang Disampaikan Danguspurla Koarmada I Laksma TNI Dato Rusman Saat Kunjungi KRI Sembilang-850

BANGKA BELITUNG
GARUDA-NEWS.ID

PANGKALPINANGDanguspurla Koarmada I, Laksma TNI Dato Rusman S.N., S.E., M.Si mengatakan kedatangannya ke pulau Bangka kali ini tak lain guna mengetahui sejauh mana kondisi KRI Sembilang-850 termasuk melihat bagaimana komandan kapal beserta timnya berikut peralatan dan material yang ada di dalam KRI Sembilang, mengingat KRI Sembilang ini telah beroperasi hampir satu bulan ini di wilayah perairan Indonesia.

Terlebih kegiatan yang dilakukannya ini pun tak lain pula sebagai bentuk kegiatan evaluasi setiap kegiatan operasi TNI Angkatan Laut (AL).

“Setiap kita melakukan operasi ini tentunya kita pun secara rutin melakukan evaluasi baik itu dalam skala harian atau pun bulanan,” kata Dato’ Rusman kepada Pers Babel, di sela-sela usai memberi arahan kepada Prajurit TNI AL yang bertugas di KRI Sembilang 850 di dermaga Manau kawasan Pangkal Balam, Kota Pangkalpinang, Kamis (3/5/2021) sore.

Lanjutnya, kegiatan tersebut tak lain merupakan salah satu bentuk pembinaan operasional atau bagian dari komando pelaksana operasi.

“Kebetulan wilayah perairan di sini merupakan bagian dari Koarmada I jadi ini bagian dari operasi pengamanan jalur laut wilayah pulau Indonesia satu,” jelasnya.

Keberadaan KRI Sembilang-850 ini menurutnya salah satu kapal perang atau tempur yang tergabung dalam operasi pengamanan jalur laut kepulauan satu Indonesia yang dikenal dengan sandi Alur Segar, dan di dalam operasi Gugus II ini KRI 9 pun tergabung dalam Task Grup 20 titik II.

Kendati begitu ia sendiri selaku Danguspurla Koarmada I TNI AL berharap seluruh anggota khususnya para personil KRI Sembilang-850 dapat menjadi sosok prajurit yang tangguh dan militan.

“Prajurit yang mampu melaksanakan tugas dengan baik dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan kepadanya. Sebab para anggota yang bertugas di KRI Sembilang-850 ini tidak mengenal tanggal merah (libur kerja — red), semua tanggal di kalender itu hitam,” tegas jenderal bintang satu dari krops matra laut.

Diketahui, perwira tinggi AL tiba ini di pulau Bangka, Kamis (3/5/2021) sekitar pukul 14.00 WIB, saat itu Danguspurla Koarmada I, Laksma TNI Dato Rusman S.N., S.E., M.Si didampingi Paban Ops Guspurla Koarmada I (Mayor Laut (P) Array H) menggunakan Pesud NC 212-200 MPA P-8201 (Kapten Laut (P) Indra P.P/Pilot, Lettu Laut (P) Avif B.N/Copilot).

Kemudian dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke KRI Sembilang-850, di hari yang sama sore, Danguspurla Koarmada I, Laksma TNI Dato Rusman S.N., S.E., M.Si didampingi Danlanal Babel, Kol Laut (P) Dudik Kuswoyo termasuk Pasintel Lanal Babel, Mayor Laut (E) Undang Rohana.

Selain itu turut pula mendampingi diantaranya Dan KRI Sembilang-850, Mayor Laut (P) Nanang Khunaifi, Dandenpomal Lanal Babel, Kapten Laut (PM) Asep S dan Danposal Pangkalbalam, Lettu Laut (PM) Puji S turut pula hadir mendampingi.**

(Rikky Fermana)

Comments are closed.