Press "Enter" to skip to content

Ini Dalang Kerusuhan Rutan Lhoksukon , 73 Napi Kabur 22 Diantaranya Sudah Diamankan Kembali

A C E H
GARUDA-NEWS.ID

ACEH UTARA ( GARUDA- NEWS.ID ) – Kaburnya puluhan napi dari Rumah Tahanan (Rutan) Lhoksukon Aceh Utara, pada Minggu (16/6/2019)

Ternyata didalangi oleh seorang narapidana kasus pembunuhan Tgk Imum Sawang.

Kepala Rutan Lhoksukon Yusnal mengatakan kerusuhan serta pengerusakan sejumlah fasilitas di rutan didalangi oleh seorang napi atas kasus pembunuhan Tgk Imum di Sawang, atas nama Syafrizal.

“kerusuhan serta rencana untuk melarikan diri sejumlah napi di dalam rutan sepertinya memang sudah direncanakan Syafrizal dan beberapa napi lainnya dari dalam penjara”, jelas Yusnal

Menurutnya, Syafrizal dan beberapa napi lainnya memang rencananya dalam minggu ini akan dipindahkan ke LP Banda Aceh.

“Mungkin karena mereka sudah tau mau dipindahkan maka rencana jahat tersebut direncanakan oleh mereka dengan memprovokasi tahanan lainnya,” ujar Yusnal.

Menurutnya, Syafrizal yang divonis seumur hidup serta beberapa napi tahanan lainnya akan pindahkan ke Banda Aceh, sesuai lampiran keputusan Kemenkum Ham Aceh.

Dia mengatakan, setelah dilakukan pendataan terhadap seluruh napi ada 73 tahanan yang kabur, 22 di antaranya sudah berhasil di tangkap kembali.

Hal itu terjadi tidak lama setelah dirinya keluar dari kantor.

“kejadianya spontan dan pada saat pembagian makanan kemudian ada beberapa napi bertindak sebagai provokator lalu mendobrak pintu blok dalam dan seterusnya mendobrak pintu P2U dan langsung ke P2U dengan membuka pintu menggunakan Kursi besi.” pungkasnya

Sementara itu Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin kepada sejumlah awak media di depan rutan Lhoksukon mengatakan , saat ini personil kita masih melakukan pengejaran dibantu pihak Kodim Aceh Utara dan juga masyarakat , untuk mencari 51 napi yang kabur ,kita juga melakukan razian dipolsek polsek untuk kendaraan umum , dan pribadi.

“Saat ini kita sudah mengamankan sebanyak 22 napi yang kabur dan masih tersisa 51 napi lagi dari jumalah 73 napi yang kabur”, ucap Kapolres.

Selain itu kita juga bekerjasama dengan polres polres tetangga untuk mempersempit gerak para napi.

Pantauan media ini telihat sejumlah personil polres Aceh Utara dibantu personil Kodim 0103 Aceh utara masih berjaga jaga di depan Rutan Lhoksukon.**

Laporan : Syahrul

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *