Press "Enter" to skip to content

Heru Warsito : Test Proposional Itu Terlalu Timpang

Muntok

Garuda-News.Id

2,7 % ataupun 31 peserta dari 1.146 peserta yang lulus CPNS dalam test Seleksi Kopetensi Dasar ( SKD ) yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Muntok mulai dari hari senin (5/11) sampai dengan kamis (8/11).

Dalam test SKD terdiri dari 3 materi yang harus di jawab guna mencapai Passing Grade, yaitu Test Karakteristik Pribadi ( TKP), Test Wawasan Kebangsaan (TWK), Test Intelejensi Umum (TUI). Tahun ini banyak peserta yang tidak lulus Passing Grade di dalam Test Karakteristik Pribadi ( TKP). Hal ini juga disampaikan oleh Heru Warsito, Kepala Dinas BKPSDMP.

Heru menyebut untuk yang tidak lolos Passing Grade kebanyakan terhambat di Test Karakteristik Pribadi ( TKP), yang nialinya 142 kebawah. Ia menyampaikan perbedaan Test Tahun lalu dan tahun ini terletak di Testnya yang terlalu timpang.

“Mungkin berkaitan dengan proposional Test Wawasan Kebangsaan ( TWK) dengan Test Intelejensi Umum ( TUI ) maupun Test Karakteristik Pribadi ( TKP ) itu proposional itu terlalu timpang, kalo dulu mungkin prosentasenya hampir berimbang, kalo sekarang sangat timpang sekali, mudah-mudahan kedepannya lebih baik lagi” ujar Heru.

Untuk tahap selanjutnya yaitu Seleksi Kopetensi Bidang ( SKD) yang secara prinsip Pihaknya siap, karena SKB juga akan menggunakan CAT UNBK Kemendikbud.

Heru menyaran untuk Test SKD, yang terpenting adalah pahami tugas dan bidangnya.

“Kalo test kopetensi bidang berarti sesuai dengan tugas yang akan di jalankan, kalo dia kesehatan berarti berkaitan dengan kesehatan,yang terpenting adalah pahami saja tugas dari dia atau kemampuan bidangnya, kalo dia seorang guru ya pahami tentang tenaga keguruannya bagaimana untuk menjadi seorang guru yang benar-benar profesional” Pungkasnya.**

Penulis :Sendi

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *