Press "Enter" to skip to content

Hari Buruh Sedunia, Rio Setyadi : Serbuan Naker Asing, Bisa Saja Terjadi Di Babel

Garuda-News.ID Pangkalpinang – Hari ini, 1 Mei diperingati sebagai hari buruh sedunia. Yang di banyak tempat secara serempak diperingati dengan aksi massa kaum buruh, Selasa, 1/05.

Dan pembaca sekalian, hari ini redaksi GN mendapat kehormatan melakukan wawancara dengan Wakil Ketua Badan Pembentukan Perda DPRD Pangkalpinang, Rio Setiady. Mari kita simak sama-sama.

Menurut Rio, terkait adanya hari buruh yang diadakan hari ini, dan memang diliburkan oleh pemerintah. Tidak dipungkiri memang akan banyak ada aksi-aksi untuk mengeluarkan pendapat. “ Saya pikir itu sah-sah saja selama untuk mengeluarkan pendapat dalam bentuk aksi damai, aksi unjuk rasa yang menginginkan perubahan bagi kehidupan mereka,” katanya, Selasa pagi, 1/05.

Selanjutnya Rio menambahkan, perihal masih belum sejahteranya buruh di Indonesia merupakan koreksi bagi kita semua. Apakah semua hak buruh sudah diberikan sesuai dengan aturan atau UU soal Naker. “Seperti UMK atau Upah Minimum Kota, kemudian jaminan kesehatan, karena jika buruh sudah bekerja maka sudah berlaku aturan-aturan tadi bagi pekerja dan perusahaan,” urai politisi asal PKS ini.

Sementara itu saat dimintakan pendapatnya soal maraknya isu tenaga kerja asing, yang kerap menjadi headline beberapa mass media, Rio menjelaskan pihaknya hanya menyayangkan dan menilai sudah sedikit keterlaluan atas informasi soal naker asing. “Kami tentunya mendukung upaya dari DPR RI terkait wacana Hak Angket, yang hal ini mendapat banyak pertanyaan dari masyarakat, dimana pemerintah pusat seolah-olah membuka keran yang menjadi pintu masuk bagi naker asing,” lanjut dia.

Di sesi terakhir wawancara, Ia juga mengharapkan agar pemerintah pusat segera mencabut peraturan mengenai tenaga kerja asing tersebut. Apakah hal demikian juga terjadi di Babel? Rio menjawab diplomatis, bahwa jika naker asing bisa masuk di berbagai daerah lain di Indonesia, bukan tidak mungkin hal seperti itu juga bisa terjadi disini.(*)

 

writer/edited by : LH

foto : ilustrasi inet

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *