Press "Enter" to skip to content

Guna Kelancaran TMMD Ke-110, Kasdim 0431/Bangka Barat Melaksanakan Koordinasi Dengan BPN/ATR Prov. Babel

BANGKA BELITUNG
GARUDA-NEWS.ID

Guna Kelancaran TMMD Ke-110, Kasdim 0431/Bangka Barat Melaksanakan Koordinasi Dengan BPN/ATR Prov. Babel

Pangkalpinang – Mencegah terjadinya miss komunikasi, Kasdim 0431/Bangka Barat Mayor Arm K. Gurusinga dan Pasiter Kodim 0431/Bangka Barat Kapten Czi Maharuddin lakukan koordinasi dengan Badan Pertahanan Nasional Provinsi Kep. Bangka Belitung dalam pelaksanaan TMMD ke-110 yang akan diselenggarakan pada tahun 2021 mendatang di Kabupaten Bangka Barat. Senin (29/06).

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

Sedangkan bagi Departemen Sosial RI TMMD merupakan upaya untuk meningkatkan kesetiakawanan sosial guna meningkatkan ketahanan sosial masyarakat. Melalui TMMD, Depsos RI memberdayakan masyarakat agar mereka mempunyai daya dan upaya untuk lepas dari masalah kemiskinan, sekaligus upaya untuk memberdayakan wilayah pertahanan sehingga mempunyai daya tangkal yang kuat bagi kemungkinan ancaman dari luar yang merugikan NKRI.

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi kegiatan fisik, merehabilitasi sarana dan prasarana yang rusak di daerah yang tertimpa bencana alam, meningkatkan sarana prasarana wilayah yang berada di pedesaan berupa infrastruktur, fasilitas umum dan sosial sedangkan kegiatan non fisik, meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara di kalangan masyarakat, kesadaran bela Negara, penegakan hukum, disiplin nasional dan pengetahuan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan, seperti keluarga berencana, kesehatan, pertanian, peternakan, perikanan, dan lain-lain melalui penyuluhan atau kegiatan lainnya yang sifatnya memberikan pencerahan dan penguatan jati diri bangsa.

“Hari ini kami melaksanakan koordinasi dengan Kepala BPN/ATR Prov. Babel, yang mana kegiatan hari ini kami melakukan penyelesaian administrasi yang sebelumnya tersendat. BPN/ATR Prov. Babel siap membantu menyelesaikan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan TMMD Ke-110 yang akan kami laksanakan tahun 2021 mendatang,” ucap Kasdim 0431/Bangka Barat Mayor Arm K.Gurusinga.**

Fitria Rizky

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *