Press "Enter" to skip to content

*FOTO GEUCHIK “TERSELIP” DI APK CALEG NASDEM ADA APA YA ????

Aceh Utara 

Garuda-News.Id

KepalaDesa ( Geuchik ) merupakan orang yang berpengaruh di desanya dan merupakan panutan masyarakat , oleh karena itu berbagai cara daya dan upaya dilakukan oleh para caleg ditahun politik ini , untuk terus melibatkan para geuchik dalam kampanye untuk memenangkan pesta demokrasi rakyat pada tahun 2019 mendatang , dimana hal ini terlihat pada salah satu APK ( Alat Peraga Kampanye ) Caleg DPRK Aceh Utara Dapil Satu dari partai Nasdem berpose dengan salah satu Geuchik di Aceh Utara.

Saat tim media mengkonfirmasi Oknum geuchik ( WG ) yang berpose dengan Caleg Nasdem mengatakan , Saya baru tahu ada foto saya disitu, dan Panwas Kecamatan juga sudah menanyakan hal itu pada saya.

Ianya menambahkan “foto dirinya itu diambil oleh IS saat memantau bencana banjir di kawasan Geudubang Cot Girek. Terkait hal ini, dirinya sangat menyesalkan terhadap Caleg tersebut kenapa foto itu kemudian dipasang di APK-nya tanpa sepengetahuan dan pemberitahuan terlebih dahulu”.

“Saya benar-benar tidak mengetahuinya. Saya ini netral dan tidak terlibat politik apalagi dengan yang bersangkutan,” ucap Geuchik WG.

Sementara Oknum Caleg dari partai Nasdem sebut saja IS yang minta tanggapan oleh tim media pada Senin (05/11) menjelang sore mengaku bahwa dirinya tidak mengetahui kalau APK yang sempat beredar di beberapa titik Kecamatan Cot Girek yang merupakan Dapil Satu tersebut terpampang fotonya bersama seorang Geuchik.

“Saya memang benar-benar tidak tahu. Karena saat itu orang percetakan minta foto-foto yang akan dibuat baliho. Setelah jadi, saya pun tidak sempat mengeceknya lagi dan tahu-tahu sudah ditegur oleh Panwas. Sekarang pun foto itu sudah saya gunting,” ujar dia.

Saat ditanya siapa yang mengambil foto tersebut, dirinya menyebut bahwa Geuchik lah yang mengabadikan suasana saat itu.Tapi berdasarkan Amatan Tim Media foto tersebut diambil oleh dirinya sendiri.

“Undang – undang pemilu kali ini, itu memang undang undang tidak memberikan kepastian hukum dan keadilan namun salah satu bunyi pasal 280 , di ayat 2 disebutkan kepala desa dilarang ikut Kampanye”, Ujar Safwani Salah satu anggota Bawaslu Aceh Utara

Nah Yang dilarang dalam undang undang itu , tim kampanye atau pelaksana tapi hukuman nya tidak ada bagi pelaksana , tapi hukuman nya malah untuk kepala desa, harusnya itu fiit back kepada sipelaksana, Jelas Safwani.

Sementara itu saat tim media menyinggung apa sikap yang akan di ambil untuk Caleg , ianya mengatakan kita kasih peringatan dulu, dan akan kita dan turunkan APK tersebut.dab kita akan lakukan pendekatan secara persuasif, serta dia mengingatkan agar selalu mengedepankan pemilu damai.

Ketua panwascam Cot Girek Muhammad Nazar yang di hubungi media ini, kamis ( 08 /11/2018 ) mengatakan bahwa dia telah melakukan teguran secara lisan baik kepada Geuchik maupun Caleg nya , dan sekarang lagi kita kumpulkan bukti pendukung lainnya.Dan kalau bukti mendukung bukan tidak mungkin itu bisa masuk ke ranah pidana ucap Nazar.

Tim/ Red

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *