Press "Enter" to skip to content

Dandim 0104/Atim Ikuti Musrenbang RKPK Atim Ta 2020″

ACEH TIMUR
GARUDA-NEWS.ID

Aceh Timur | Garuda-news.id | Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis yang diwakili Kasdim Mayor Inf Abdul Muthalib Tallasa hadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPK Aceh Timur Tahun Anggaran 2020, yang bertempat di Aula Pendopo Bupati Aceh Timur, Jln. Peutua Husen, Gampong Jawa, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (19/03/2019)

Kegiatan Musrenbang tersebut digelar oleh Pemkab Aceh Timur dan dibuka oleh Wakil Bupati Aceh Timur, Syarul Bin Samaun, yang bertemakan “Penguatan Perencanaan Pembangunan Daerah Melalui Pengembangan Kawasan Strategis, Percepatan Investasi Daerah, Industri Kreatif, Peningkatan Daya Saing SDM Dan Pengembangan Infrastruktur Antar Wilayah”, ungkap Kasdim

Dalam sambutan Kepala Bappeda Aceh yang di wakili oleh Kabid Perencanaan Pembangunan Bappeda Aceh, Martunis SP, DEA dalam Pembangunan Nasional kita mempunyai 5 (Lima) Prioritas Pembangunan Nasional pada tahun 2019 antara lain :

* Pembangunan manusia melalui
pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar.
* Pengurangan kesenjangan antarwilayah melalui penguatan konektivitas dan kemaritiman.
* Peningkatan nilai tambah ekonomi melalui pertanian, industri, dan jasa produktif.
* Pemantapan ketahanan energi, pangan, dan sumber daya air.
* Stabilitas keamanan nasional dan kesuksesan pemilihan umum.

Dalam laporannya kepada ketua panitia, Kepala Bappeda Aceh Timur Dr. Darmawan, M.ISD mengatakan Kabupaten Aceh Timur pelaksanaan Musrenbang pada tahapan yang ke 5, dan pada hari ini Musrenbang pada tahapan ke 6, dengan sumber pokok pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) , Anggaran Pendapatan Belanja Daerah ( APBA) dan Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN), “jelasnya.

Musrenbang Kabupaten / Kota adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (Pemangku kepentingan) di kabupaten / kota untuk menyelesaikan Rencana Kerja Pembangunan Kabupaten (RKPK) kabupaten / kota yang diperuntukkan bagi pengerjaan Tugas Daerah (Renja PD) hasil forum PD dengan bantuan yang disediakan antara Renja PD yang diperlukan digunakan untuk penyempurnaan Rancangan RKPK dengan mendukung Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang diselaraskan dengan pembangunan pembangunan Pemerintah Aceh dan Nasional (RKP), ungkap Wakil Bupati Aceh Timur saat memberikan sambutan.

Lanjutnya, dasar pelaksanaan Musrenbang RKPK Aceh Timur Tahun Anggaran 2020 adalah Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara, Pengendalian dan Pengembangan Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pengembangan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pengembangan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pengembangan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Unsur Muspika Kabupaten Aceh Timur, Kepala Bappeda Aceh di wakili Kabid Perencanaan Pembangunan Bappeda Aceh Martunis SP, DEA, Kepala Bappeda Aceh Timur Dr. Darmawan, M.ISD, Para Asisten Setdakab Aceh Timur, Para Kadis Kab. Aceh Timur, Para Camat Se Kab. Aceh Timur.**

jamadon

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *