Press "Enter" to skip to content

CEGAH KARHUTLA, TIM GABUNGAN SATGAS DARAT LAKSANAKAN PATROLI

BANGKA BELITUNG
GARUDA-NEWS.ID

CEGAH KARHUTLA, TIM GABUNGAN SATGAS DARAT LAKSANAKAN PATROLI

Palembang, (Pendam II/Swj)
Setelah berhasil memadamkan Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla) seluas 20 hektar di areal sekitar lokasi ruas jalan Tol Palembang – Indralaya (Palindra), kini Tim gabungan Satgas Darat yang termasuk dalam Subsatgas 1 Kodim 0402/OKI menempatkan dua Tim Satgas Karhutla di wilayah rawan Karhutla untuk melaksanakan patroli guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya kembali Karhutla di Ogan Ilir dan desa-desa sekitarnya.*_

Patroli ini dilaksanakan bersama Polri, Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api (MPA) yang langsung datang di daerah rawan kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Rabu (7/8/2019) malam.

Dalam pelaksanaan patroli meliputi kegiatan antara lain melakukan koordinasi dengan aparat desa, mendatangi lokasi areal rawan terjadinya karhutla, melakukan sosialisai pendekatan diri dan anjangsana serta penindakan apabila ditemukan terjadi karhutla.

Selain itu, melakukan penandaan di areal lahan rawan karhutla, pengumpulan data dan informasi di areal rawan karhutla. Kemudian memetakan kondisi desa baik fisik maupun permasalahan kebakaran hutan dan lahan.

“Kita berharap dengan melaksanakan patroli gabungan secara terpadu, dapat meminimalisir dan menekan seminimal mungkin kejadian karhutla dan mensinergikan upaya kita dalam pencegahan Karhutla,” kata Dandim 0402/OKI selaku Dansubsatgas 1/OKI Letkol Inf Riyadi Mallay, pada rapat koordinasi bersama Kapolres OKI, BPBD, Manggala Agni dan Kades, Rabu (7/8/2019) malam di Posko Subsatgas Kab. Ogan Ilir.

Dia juga mengaku bahwa, pihaknya akan gencar melakukan langkah antisipasi di wilayahnya karhutla. Langkah-langkah tersebut salah satunya dengan kegiatan patroli karhutla. “Kita akan secara terus menerus akan melaksanakan kegiatan antisipasi karhutla. Kegiatan kita adalah melakukan patroli guna memantau titik-titik api”, kata Riyadi.

Tidak hanya di wilayah Kodim OKI, kegiatan patroli malam juga dilakukan oleh Sus-sub Satgas jajaran Komando Satgas Karhutla Sumsel (Korem 044/Gapo) di wilayahnya masing-masing terutama di lokasi dan desa-desa rawan karhutla, untuk Subsatgas 2, Kodim 0401/MB di wilayah Kab. Musi Banyuasin, Subsatgas 3 Kodim 0430/BA, di wilayah Kab. Banyuasin, Subsatgas 4, Kodim 0405/OKU, di wilayah Kab. Baturaja, Subsatgas 5, Kodim 0404/ME di wilayah Muara Enim dan Subsatgas 6, Kodim 0406/MURA, Kab. Musirawas.

Dari laporan yang diterima mulai malam hingga pagi hari ini, Kamis (8/8/2019), dari 8 lahan yang ditemukan hangus terbakar, seluruhnya dapat dipadamkan oleh Tim Gabungan Satgas Karhutla.

Terkait hal itu, Danrem 044/Gapo selaku Dansatgas Karhutla Sumsel, Kolonel Arh Sonny Septiono memerintahkan kepada seluruh jajarannya untuk menghimpun data-data yang ditemukan di lapangan, selanjutnya dikoordinasikan dengan BPBD dan Instansi terkait.

“Kepada para Dansubsatgas, penekanan Panglima pastikan kembali tidak ada api yang menyala. Untuk itu, himpun data, koordinasi dengan BPBD dan Instansi terkait untuk membuat laporan yang valid”, tandasnya.**

*——– o0o ——–*

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *