Press "Enter" to skip to content

BPBD Beltim Kekurangan Armada Damkar

Belitung Timur

Garuda-News.Id

Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung Timur mengaku kekurangan armada mobil pemadam kebakaran (Damkar). Dari empat armada yang dimiliki, hanya dua yang bisa beroperasi optimal, satu mengalami kerusakan pada pompa penyedot, satu rusak parah alias tidak bisa dipergunakan.

Kendala keterbatasan sarana prasarana itu diungkapkan Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Beltim, Surya Mulyana. Diakuinya pelayanan saat kebakaran jadi terhambat akibat kurangnya sarana tersebut.

“Kalau yang siapnya hanya dua, yang satu dalam kondisi tidak bisa menghisap tapi bisa menyemprot. Kalau yang paling besar tidak bisa dipergunakan sama sekali, rusak parah,” ungkap Surya kepada wartawan pada Selasa (23/10).

Lantaran kondisi tersebut, BPBD kesulitan untuk memaksimalkan proses pemadaman api. Tak jarang hal itu membuat personil yang bertugas jadi bulan-bulanan omelan dan kritikan pedas masyarakat saat proses pemadaman rumah warga yang terbakar.

“Otomatis pelayanan kita terganggu. Kasihan anak buah kita di lapangan yang sudah berupaya membantu namun karena kurang sarana, sudah biasa kalau ada warga yang complain,” ujar Surya.

Mantan Kepala Subbagian Rumah Tangga Bagian Umum Sekretariat Daerah itu sudah berupaya untuk menanggulangi keterbatasan sarana dengan mengajukan perbaikan pompa di salah satu unit damkar yang rusak. Namun anggaran itu baru bisa terlaksana pada 2019 mendatang.

“Kalau tahun 2018 ini gak ada anggaran. Baru tahun 2019 nanti, itu pun hanya penggantian spare part pompa. Kalau untuk mobilnya keinginan adanya mobil tangki untuk supply air saja,” kata Surya.

Meski dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang ada, BPBD Kabupaten Beltim tetap mampu bekerja dengan maksimal. Dengan kekompakan tim yang solid, dan bantuan dari rekan-rekan baik di instansi pemerintah ataupun swasta.

“Kelebihan kita di situ, dengan tim yang kompak dan solid biar pun kita punya keterbatasan sarana tapi setiap ada kebakaran, Alhamdulillah bisa kita atasi,” tukasnya,**

Niza karyadi

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *