Press "Enter" to skip to content

BKSDA PROVINSI ACEH MENCATAT AWAL TAHUN 2019 : ADA 5 KABUPATEN YANG DIMASUKI KAWANAN GAJAH LIAR

Aceh Utara 

Garuda-News.Id

Balai Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA ) Provinsi Aceh , mencatat selama awal tahun 2019 sudah ada 5 Kabupaten yang di masukin kawanan gajah liar tepat nya di kabupaten Pidie yaitu di desa Geunie dan Keumala ,Pidie Jaya di desa Lhok Samdeng , Nagan Raya di desa Blang Tengku Kecamatan Seunagan, Aceh Selatan di desa Kapa Seusak dan Aceh Utara di Simpang Keuramat , Senin (14 /01/2019).

Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo mengatakan , Konflik gajah dengan manusia di awal tahun ini terjadi di aceh utara, pidie jaya, pidie (2 lokasi), nagan raya dan aceh selatan. Dan untuk Kabupaten pidie ada satu korban jiwa luka – luka dan juga satu di Kabupaten Pidie Jaya , dan Untuk daerah lain tidak ada korban jiwa , Cuma kerusakan tanaman dan gubuk.

Dan selama ini BKSDA Aceh bersama KPH ( Kesatuan Pengelolaan Hutan ) dan TNI Polri melakukan penghalauan atau penggiringan di aceh utara, pidie jaya, nagan raya dan aceh selatan, sedangkan yg di pidie dilaksanakan oleh federasi ranger aceh dan FFI ( Floura & Fauna Internasional ) , Ucap Sapto Aji Prabowo

Selama ini penyebab utama terjadinya konflik gajah dengan manusia disebabkan oleh kerusakan habitat gajah itu sendiri , karena sudah banyak yang dijadikan perkebunan warga dan juga komoditas pertanian yang ditanam kebetulan disukai gajah.”Intinya ada wilayah persinggungan antara kepentingan manusia dengan gajah dan jumlah Gajah liar yang masuk diperkirakan ada yang tunggal dan ada juga kelompok yang berjumlah sampai 30 ekor”, Jelas Sapto.

Kami berharap semua pihak bisa bersama- sama mengatasi, karena habitat gajah itu 85 persen di luar kawasan konservasi yang bukan kewenangan BKSDA. Kemudian juga perlu dibuat tata ruang yang lebih pas, yaitu memperhatikan wilayah jelajah gajah, sehingga gajah dan manusia bisa sama-sama hidup nyaman, Harap Ketua BKSDA Provinsi Aceh.**

Laporan : Syahrul

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *