Press "Enter" to skip to content

Babinsa Koramil 431-04/Petaling Hadiri Sosialisasi Budidaya Penanaman Bibit Sorgum

BANGKA BELITUNG
GARUDA-NEWS.ID

Mendo Barat – Babinsa Koramil 431-04/Petaling Serda Erwin Marpaung menghadiri kegiatan Sosialisasi Penanaman Bibit Sorgum dengan Optimalisasi Lahan Sistem Tumpang Sari Sorgum di Desa Petaling, Kecamatan Mendo Barat. Jum’at (14/02/2020).

Acara sosialisasi ini dihadiri para penyuluh pertanian dan kelompok tani dengan tujuan untuk memberikan informasi tentang budidaya sorgum yang tepat dan penanaman sorgum dengan sistem tumpang sari.

Sorgum merupakan salah satu tanaman pangan lahan kering yang potensial di kembangkan di indonesia. Manfaat sorgum sebagai bahan pangan, pakan, bio energi (bio etanol). Tanaman sorgum dapat beradaptasi pada lahan kering, cocok di tanam di daerah Kecamatan Mendo Barat yang memiliki kondisi tanah kering.

Sistem tumpang sari sendiri digunakan guna mengoptimalisasi lahan, dikarenakan kendala usaha tani di lahan kering ialah rendahnya ketersediaan air pada musim kemarau dan tingginya tingkat erosi pada musim hujan. Dengan sistem tumpang sari terdapat tanaman sela yang berperan sebagai cover crop sehingga dapat meminimalisir terjadinya evaporasi dan erosi.

“Semoga dengan adanya sosialisasi para petani di Desa Petaling khususnya Kecamatan Mendo Barat dapat terus mengembangkan usaha pertanian guna meningkatkan swasembada pangan” ucap Serda Erwin Marpaung.

Turut hadir dalam sosialisasi Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bangka Belitung, BPTP Bangka Belitung, Ketua Kelompok Tani, Perangkat Desa, dan undangan lainnya.**

GS

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *